ghost writer

Ghost Writer, Profesi Apakah Itu?

NET-Magazines.net – Ghost writer, profesi ini cukup menyedot perhatian karena nama uniknya yang menggunakan istilah ‘ghost’ atau ‘hantu’. Meskipun menggunakan istilah hantu, tentu saja profesi ini tidak ada hubungannya dengan hantu.

Di Indonesia, ghost writer juga dikenal dengan penulis bayangan.

Apa sih definisi ghost writer dan seperti apa job deskripsinya?

Ghost writer atau yang dikenal dengan penulis bayangan merupakan profesi yang dikerjakan oleh seorang atau sekelompok orang yang terampil dengan dunia menulis. Ghost writer dipekerjakan oleh seseorang atau bahkan perusahaan untuk menulis dan membuat berbagai konten yang tertulis.

Apa bedanya dengan penulis biasa?

Yang membedakan ghost writer dengan penulis biasa salah satunya adalah ghost writer menulis atau membuat konten dengan kualitas tinggi. Lalu, siapa saja yang biasa menggunakan jasa penulis bayangan ini? Selebriti, pengusaha, perusahaan hingga pemerintahan bisa saja menggunakan jasa penulis bayangan ini untuk berbagai jenis proyek, seperti; mempromosikan diri dan produk, juga menuliskan biografi.

Tentunya, tugas ghost writer ini tidak hanya sekedar menulis biasa, tidak hanya menuangkan isi kepalanya dalam sebuah buku. Ghost writer mampu menuliskan berbagai jenis tulisan. Tentunya, ghost writer perlu melakukan riset berdasarkan subjek yang diberikan terlebih dahulu.

Lalu, mengapa disebut ghost writer atau penulis bayangan? Nama dari penulis tidak dicantumkan, tidak mendapatkan kredit atau pengakuan atas karyanya, dan hanya diakui oleh perusahaan atau individu yang mempekerjakannya.

writer illustration
writer illustration

Meski tidak mendapatkan kredit, ghost writer tetap akan menerima keuntungan, berupa bayaran yang menggiurkan, lebih dari itu, ghost writer tetap bisa memasukan draft karyanya dalam portofolio mereka. Para ghost writer pun juga beroleh  kesempatan lebih untuk bekerja bersama tokoh-tokoh besar.

BACA JUGA  Cek Bansos 600 ribu Dari Kemensos, Masyarakat Bisa Cek Disini

Ghost writer biasanya membantu perusahaan yang tidak sempat menuliskan materinya sendiri, juga adanya banyak selebriti dan juga tokoh-tokoh penting yang sebetulnya memiliki ribuan ide di kepala, namun tidak mampu menuliskan ide-ide tersebut, hal-hal tersebutlah alasan mengapa ghost writer diperlukan.

Tertarik dengan profesi ini?

 

 

 

About Zefanya Arundyna