candi mendut
(Freepik)

Kokohnya Candi Mendut, Candi Buddha di Jawa Tengah

NET-Magazines.net – Candi Mendut adalah warisan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun di sekitar abad ke-9. Berbagai sumber mencatat Candi Mendut dibangun pada 824 di era Pemerintahan Dinasti Syailendra.

Candi Mendut menjadi candi Buddha yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah juga merupakan bagian dari tiga serangkai candi Buddha yakini Candi Borobudur, Pawon, dan Mendut.

Di duga, Candi Mendut dibangun lebih dulu, sebelum Candi Borobudur. Adalah Wenuwana, sebuah bangunan suci yang dibangun oleh Raja Indra, hal tersebut ditemukan dalam prasasti Karangtengah.

Saat pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1836, Candi Mendut ditemukan dengan struktur bangunan candi tanpa bagian atap. Di tahun 1897 hingga 1904, dilakukan pemugaran pertama oleh Pemerintah Hindia Belanda yang berujung pada kegagalan memperbaiki secara utuh. Hingga pemugaran kedua dilakukan pada 1908 yang dipimpin oleh Theodor Van Erp.

candi mendut temple
(Freepik)

Theodor Van Erp memasang stupa hingga memperbaiki bentuk atap. Pemugaran tersebut dihentikan karena terkendala permasalahan biaya, kemudian bisa berlanjut sampai selesai di tahun 1925.

Dengan bentuk bangunan segi empat, tinggi 26,40 meter di atas batu karang dengan tinggi 2 meter, Candi Mendut dilengkapi dengan tangga ke arah selasar di sisi barat. Sementara itu, pada pintu masuk candi, terdapat bilik penampil.

Terpahat pula ajaran Buddha pada berbagai macam relief di bagian dinding Candi Mendut. Relief bergambarkan kura-kura dan angsa, dua burung betet yang berbeda,  Brahma dan seekor kepiting, hingga relief Dharmabuddhi dan Dustabuddhi. Dilengkapi juga dengan elemen arca dan stupa. Tiga arca Buddha; Avalokitesvara yang menjadi perlambang sifat penolong, Maitreya yang menjadi perlambang pembebas manusia, hingga Cakyamuni yang bersila terletak tepat di dalam bilik.

BACA JUGA  Aplikasi Ini Membuatmu Gondrong dalam Sekejap

Bentuk Candi Mendut sendiri diduga memiliki kemiripan dengan candi pada sekitar Kompleks Candi Dieng serta Candi Gedong Songo.

Kekokohan Candi Mendut sendiri terbangun dengan batu bata seta campuran andesit. Dilengkapi dengan tiga patung Buddha serta Buddha Sakyamuni yang tengah duduk di dalam candi. Sudahkah anda mengagumi kekokohannya?

 

 

 

About Zefanya Arundyna