citayam fashion week
(IG@citayamfashionweeks)

Fenomena Citayam Fashion Week hingga Malioboro Fashion Week

NET-Magazines.net – Citayam Fashion Week yang terselenggara di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat kini mencuri perhatian banyak kaum. Fenomena ini bahkan merembet di banyak daerah di Indonesia, seperti di Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Tidak hanya oleh kaum muda sekitaran kota Jakarta, aksi fashion show tersebut juga disemarakan oleh artis ternama, influencer hingga pejabat ikut serta turun berlenggang di perlintasan zebra cross.

citayamfashionweeks
(IG@citayamfashionweeks)

Fenomena Fashion Week tersebut juga hinggap pada Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tentu Malioboro Fashion Week ini tidak kalah menarik dari Citayem Fashion Week. Pada rekaman video di akun Instagram @areajogja menampilkan para Ibu-ibu yang dengan anggun melenggang menggunakan kebaya bergaya seraya menyeberangi perlintasan Titik Nol Kilometer. Uniknya para Ibu-ibu tersebut bergaya selayaknya model professional.

Pastinya aksi Malioboro Fashion Week ini bertujuan untuk menunjukan kebaya sebagai ikon Indonesia semakin popular. Karena kebaya sering dihubungkan dengan istilah ‘kaku’ dan ‘tua’, namun para ‘model’ Malioboro Fashion Week tersebut mampu menunjukan bahwa dengan kebaya pun, wanita Indonesia bisa Nampak bergaya.

Ada pun di kota Bandung, kegiatan serupa diadakan di daerah Braga, Braga Fashion Week pada hari Sabtu 23 Juli 2022. Dalam event tersebut para model berpakaian fashionable melenggang di zebra cross yang membelah pertigaan Jalan Braga dan Asia Afrika. Braga Fashion Week tersebut diinisiasi oleh sebuah brand fashion, Tootsie.

Weta Tri Herlaini, founder Tootsie menyatakan bahwa acara Braga Fashion Week ini lebih terkonsep dengan tema every color has a story, “Setiap warna ada cerita. Jangan takut karena perbedaan itu.” Ujarnya. Weta menambahkan bahwa acara yang diinisiasinya tersebut bukan bertujuan untuk menyaingi Citayam Fashion Week. Lebih dari itu, harapan Weta agar Bandung pun memiliki wadah bagi muda-mudi kota Bandung untuk menunjukan jati diri fesyennya.

BACA JUGA  Yuk Download Aplikasi Cek Bansos Untuk Dapatkan Bantuan Pemerintah
citayam fashion week
(IG@citayamfashionweeks)

Lain di Bandung, lain pula dengan kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan mengenakan street fashion, sejumlah konten creator berpose di Jalan Tunjungan, di depan mal Pelayanan Publik di Gedung Siola pada hari Kamis, 21 Juli 2022. CEO Deliwafa Store Delta Hesti memilih Jalan Tunjungan karena lokasi tersebut adalah salah satu ikon Kota Surabaya. Lebih dari itu, Hesti mengaku akan lebih sering berkonten mode di Jalan Tunjungan.

Terkait dengan tren Fashion Week ini, Drajat Tri Kartono, Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) memaparkan bahwa tren Citayam Fashion Week ini mendapat respon positif dari public, “Ini memberi daya Tarik di sekitarnya untuk kemudian mencoba menghidupkan kreativitas sejenis,” ujarnya. Drajat menambahkan bahwa masyarakat meniru yang sudah menjadi popular dan sukses, tentu dengan harapan akan mendapatkan kepopuleran dan kesuksesan juga.

About administrator