cara cek pengumuman pppk guru
(Foto: Kemdikbud)

Cara Cek Pengumuman PPPK Guru

NET-Magazines – PPPK (Program Pendidikan Profesi Guru) adalah program pemerintah Indonesia untuk melatih dan meningkatkan kompetensi guru di seluruh Indonesia. Setelah mengikuti pelatihan PPPK, guru harus melalui seleksi untuk mendapatkan sertifikat PPPK dan dapat diangkat menjadi guru PPPK. Proses seleksi ini meliputi beberapa tahap, mulai dari pendaftaran hingga pengumuman kelulusan. Di artikel ini, kita akan membahas cara cek pengumuman PPPK guru dan beberapa hal yang perlu diperhatikan selama proses seleksi.

Pendaftaran PPPK Guru

Sebelum membahas cara cek pengumuman PPPK guru, ada baiknya untuk mengetahui tahapan pendaftaran PPPK guru terlebih dahulu. Tahapan pendaftaran PPPK guru biasanya dilakukan secara online melalui website resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Untuk mendaftar, calon peserta harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana, memiliki sertifikasi guru, dan memiliki pengalaman mengajar minimal dua tahun. Selain itu, peserta juga harus memenuhi persyaratan administratif seperti KTP, NPWP, dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah mendaftar, peserta akan mengikuti serangkaian tes, seperti tes kemampuan dasar, tes wawasan kebangsaan, dan tes kompetensi pedagogik. Selama proses seleksi, peserta juga akan dinilai berdasarkan portofolio dan pengalaman mengajar.

Cara Cek Pengumuman PPPK Guru

Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, para peserta PPPK guru akan menantikan pengumuman kelulusan. Berikut adalah beberapa cara cek pengumuman PPPK guru:

BACA JUGA  Bagaimana Cara Download BBM? Begini Caranya

1. Website Resmi Kemendikbudristek

Pengumuman PPPK guru biasanya diumumkan melalui website resmi Kemendikbudristek. Untuk mengecek pengumuman, buka halaman resmi Kemendikbudristek dan cari bagian pengumuman PPPK guru. Setelah menemukan pengumuman, cari nama Anda di dalam daftar pengumuman kelulusan.

2. Portal Registrasi Kemendikbudristek

Selain website resmi Kemendikbudristek, Anda juga dapat mengecek pengumuman melalui portal registrasi Kemendikbudristek. Buka portal registrasi Kemendikbudristek dan masuk dengan akun Anda. Setelah masuk, cari bagian pengumuman PPPK guru dan cek apakah nama Anda terdaftar di dalam daftar kelulusan.

3. Pengumuman melalui Email atau SMS

Beberapa peserta PPPK guru juga menerima pengumuman kelulusan melalui email atau SMS. Jika Anda termasuk salah satu peserta yang menerima pengumuman melalui email atau SMS, pastikan Anda memeriksa kotak masuk email atau pesan singkat Anda secara berkala.

Tips Penting Selama Proses Seleksi

Selama proses seleksi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta PPPK guru. Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu peserta PPPK guru dalam proses seleksi:

1. Persiapkan diri dengan baik

Sebelum mengikuti proses seleksi, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik. Pelajari materi yang akan diujikan dan perbanyak latihan soal untuk meningkatkan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan juga Anda telah memenuhi semua persyaratan administratif dan persyaratan lainnya.

2. Jaga kesehatan dan stamina

Proses seleksi PPPK guru dapat memakan waktu dan tenaga yang cukup besar. Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk menjaga kesehatan dan stamina selama proses seleksi. Pastikan Anda beristirahat dengan cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi, serta melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan dan stamina.

3. Jangan terlalu tegang

Tegang dan gugup dapat mempengaruhi performa peserta selama proses seleksi. Oleh karena itu, penting untuk tidak terlalu tegang dan tetap tenang selama proses seleksi. Cobalah untuk rileks dan jangan terlalu membebani diri dengan tekanan yang berlebihan.

BACA JUGA  Aplikasi Pelacak No HP Terbaik Saat Ini

4. Perhatikan waktu

Waktu menjadi salah satu faktor kunci dalam proses seleksi. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan waktu dengan baik dan tidak terlambat saat mengikuti tes dan tahapan seleksi lainnya. Sebaiknya datang lebih awal dan siapkan segala sesuatunya sebelum proses seleksi dimulai.

5. Jangan mencontek

Mencontek merupakan tindakan tidak terpuji yang dapat merugikan peserta sendiri maupun orang lain. Selain itu, mencontek juga dapat membuat peserta kehilangan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Oleh karena itu, hindari mencontek dan jangan tergoda untuk melakukan tindakan curang selama proses seleksi.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com