file wa tidak support

Tips Jika Terdapat Format File WhatsApp Yang Tidak Didukung

NET-Magazines.net – WhatsApp dibuat sedemikian rupa agar mendukung berbagai jenis format file yang sangat banyak. Mulai dari yang berbentuk mediavideo, foto, maupun dokumen yang berformat seperti word, pdf, dan lain sebagainya. Bahkan WhatsApp yang terbaru kini sudah dapat mendukung semua jenis file, jadi kalian bisa mengirim berbagai jenis file tanpa ada masalah seperti format file yang tidak didukung.

Meskipun begitu, kalian mungkin pernah mengalami masalah ketika kalian tidak dapat mengirimkan sebuah file lewat WhatsApp karena file tersebut tidak didukung. Biasanya hal seperti itu akan muncul pesan “Format File Tidak Didukung”. Ketika kalian mengalami masalah tersebut, tidak perlu panik ataupun takut, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara untuk mengatasi format file tidak didukung di WhatsApp.

Cara Untuk Mengatasi Format File Tidak Didukung WhatsApp

Untuk mengatasi masala ini terdapat beberapa cara yang dapat kalian coba gunakan. Simak artikelnya di bawah ini.

  1. Update WhatsApp ke Versi Terbaru

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan memperbarui aplikasi WhatsApp kalian ke versi yang terbaru agar mendapatkan peningkatan fitur-fitur yang berguna.

  • Buka Playstore pada HP.
  • Cari aplikasi “WhatsApp”.
  • Jika terdapat pembaruan, silahkan klik Update.

Sebaiknya kalian melakukan pembaharuan secara manual karena notifikasi pembaruan tidak selalu muncul di HP kita. Jadi tidak heran jika sebagian orang yang tidak sadar, memakai versi WA lama yang belum mendukung semua jenis format file.

Sebenarnya jika dibiarkan saja nantinya WhatsApp akan menampilkan pesan kadaluwarsa. Namun jika ingin segera mendapatkan versi yang terbaru dengan penambahan fitur-fitur keren maka kalian harus melakukan update.

  1. Ubah Format File yang Dikirim

Android sudah memiliki banyak fitur yang dapat membantu kita, salah satunya adalah fitur untuk mengubah format file atau. Cara ini dapat kalian pakai untuk mengirim file yang formatnya belum didukung oleh aplikasi WhatsApp.

BACA JUGA  Penyebab Android Tidak Bisa Mendownload Aplikasi di Play Store

Caranya adalah dengan mengubah menjadi format .zip, .rar, dan lain sebagainya.

  • Buka File Manager pada HP kalian.
  • Cari file yang ingin kalian ubah formatnya.
  • Ketuk pada file lalu pilih Ubah Nama.
  • Kemudian ganti format file menjadi bentuk .zip (contoh).

Kalian tidak perlu khawatir, cara ini tidak akan membuat file menjadi rusak. Karena sebenarnya hanya mengubah format filenya saja, tidak sampai mengubah semua data keseluruhan. Jika sudah berhasil terkirim pada teman, kalian dapat ubah kembali ke bentuk semula.

  1. Kompres File Yang Ingin Dikirim

Hampir semuanya format file didukung oleh aplikasi WhatsApp. Jadi mengompres file yang formatnya tidak didukung dapat menjadi solusi untuk mengatasi file yang tidak bisa dikirim via WhatsApp karena format file yang tidak didukung.

Untuk dapat mengompres file ini kalian dapat menggunakan bantuan tambahan seperti ZArchiver. Dengan aplikasi tersebut kalian dapat mengubah file menjadi bentuk .zip maupun format kompres lainnya. langsung saja berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan download terlebih dahulu aplikasi ZArchiver.
  • Setelah itu kalian masuk ke tempat file yang ingin dikompres.
  • Ketuk lalu tahan file tersebut sampai muncul beberapa opsi, silahkan untuk pilih opsi Kompres.
  • Kemudian atur nama file, pada bagian pengaturannya dapat kalian sesuaikan kebutuhan kalian sendiri.
  • Jika sudah klik OK.

Proses kompresi tidak memakan banyak waktu, tinggal tunggu saja beberapa saat hingga proses kompresi selesai. Jika sudah selesai, kalian dapat mengirim file kompresi tersebut lewat WhatsApp.

Sama seperti pembahasan sebelumnya, mengubah format file atau ekstensi file tidak akan membuat file yang kalian kirim rusak. Bahkan dengan kompres file tersebut kalian dapat mengecilkan ukuran  file yang kalian kirim sehingga lebih hemat waktu dan kuota.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com