laptop kena air

Jangan Panik! Beginilah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

NET-Magazines.net – Kamu secara tidak sengaja telah menumpahkan air pada keyboard yang mana kejadian tersebut merupakan hal yang paling menyeramkan. Mungkin bukan hanya sekedar uang saja yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa service laptop tetapi apabila laptop sampai mati total hingga menyebabkan kehilangan data dan pekerjaan yang belum terselesaikan.

Jika air masuk ke dalam komponen laptop melalui celah-celah yang terdapat pada keyboard, tentu hal ini merupakan hal yang cukup berbahaya karena dikhawatirkan dapat membuat keyboard menjadi rusak dan bahkan dapat merambat ke dalam komponen lainnya. Tapi Anda tenang saja, karena kali ini kami akan memberikan bebrapa tips untuk mengatasi masalah keyboard yang terkena air. Tips ini, akan sangat berguna karena dapat menghindari kerusakan pada laptop ataupun pada perangkat anda. Berikut ini merupakan tips mudah yang dapat kalian ikuti jika laptop kalian terkena tumpahan air, kalian dapat mengikuti cara dibawah ini.

Tips mengatasi laptop kena air

  1. Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop sedang dalam keadaan di-charge, segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang sudah terkena air dapat menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi hingga mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama pada laptop seperti motherboard dapat terkena efek korosi dari tumpahan air tersebut. Jika laptop-mu terkena air pada saat di-charge kemudian langsung mati, jangan sambungkan kabel charger ke unit laptop. Serta, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

  1. Matikan Laptop

Setelah mencabut kabel charger dari laptop, langsung matikan laptop guna menghindari konsleting pada kabel komponen di dalam keyboard laptop Anda. Waktu minimum untuk dapat mematikan laptop adalah sekitar 10 jam, diamkan hingga air benar-benar kering dan menghindari  konsleting.

  1. Membersihkan Laptop Selebar Mungkin

Anda dapat membuka laptop selebar mungkin agar nantinya komponennya mudah untuk dilepas. Tetapi, Anda juga harus memastikan perangkat ini sudah tidak terkoneksi lagi dengan listrik untuk menghindari terjadinya korsleting. Setelah Anda membuka laptop selebar mungkin, posisikan perangkat tersebut dengan menghadap ke bagian bawah bawah. Jadi, Anda harus memposisikan laptop tersebut seperti membentuk tenda kemudian biarkan posisi tersebut selama beberapa jam.

BACA JUGA  Tips dan Trik Blokir Seseorang Tanpa Ketahuan di Aplikasi WhatsApp

Tujuannya adalah mengeluarkan air yang sudah menyusup lebih ke dalam perangkat laptop. Hal tersebut juga berguna untuk mencegah cairan masuk lebih dalam ke dalam komponen laptop yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada hardware.

  1. Gunakan Kipas Angin

Cara mengatasi keyboard yang terkena air berikutnya yaitu dengan memanfaatkan kipas angin. Selain kipas angin, alat lainnya yang dapat membantu Anda adalah dengan manfaatkan adalah hair dryer. Jadikan keyboard sebagai objek pengganti rambut, jika Anda ingin menggunakan hair dryer. Pastikan juga pada Anda mengeringkannya secara merata, baik melalui bagian atas keyboard maupun pada bagian bawah keyboard. Sehingga proses pengeringan dapat berjalan dengan lebih cepat.

  1. Lepas Baterai Laptop

Solusi terakhir yang dapat Anda dilakukan adalah dengan melepas baterai laptop. Tujuannya sama seperti ketika Anda ingin mematikan laptop, yaitu untuk memutus aliran listrik yang mengalir pada laptop Anda. Jika tipe laptop yang Anda gunakan adalah tipe laptop yang menggunakan baterai cabut, cabutlah baterai laptop Anda dengan segera.

 

Itu tadi beberapa tips untuk dapat mengatasi keyboard laptop yang terkena air serta dapat Anda coba sebagai solusi agar kerusakan pada perangkat tidak terlalu parah. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan dapat bermanfaat!

 

 

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com