merawat laptop

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

NET-Magazines.net – Sebagian orang mungkin tidak mengerti dan belum paham bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Walaupun harga laptop sekarang ini dibilang cukup murah namun merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan juga berumur lebih lama. Jarang sekali untuk mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop sangat berbeda dengan PC/komputer yang cenderung kuat serta tahan lama. Melalui artikel ini, kami akan berbagi sedikit pengalaman mengenai bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk merawat laptop kesayangan anda supaya tetap awet dan berumur lebih lama.

  1. Kurangi Memakai Laptop untuk Bermain Game Berat

Kebiasaan buruk ini biasanya sangat sering dilakukan oleh para pemilik laptop yang suka sekali main game. Memakai laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen yang ada di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut dapat penyebab baterai laptop anda mengalami kebocoran.

  1. Jangan Memakai Laptop di atas Kasur

Munggkin bagi anda menggunakan laptop di atas kasur merupakan sesuatu yang nyaman. Namun, perlu diperhatikan bahwa memakai laptop di atas kasur dapat menyebabkan panas dari laptop tidak dapat keluar dengan sempurna sehingga akan membuat laptop mengalami overheat.

  1. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda

Tumpahan minuman pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Karena air adalah musuh utama dalam rangkaian elektronik, sebaiknya anda jauhkan minuman dari laptop. Anda dapat menggunakan keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan di celah-celah keyboard.

  1. Hindari Kebiasaan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan tersebut sering dianggap sepele oleh para pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk tersebut dapat berakibat fatal. Hindari untuk menaruh barang berat di atas laptop. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus juga pada komponen lainnya didalamnya.

  1. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin

Anda dapat membeli screen protector atau pelindung layar, untuk melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan. Bersihkan secara rutin layar laptop dari debu-debu yang menempel.

  1. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Perlu untuk diketahui, bahwa Optical Drive/ DVD ROM pada laptop sangat rentan terhadap debu karena dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD. Anda dapat membersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive laptop anda secara rutin. Anda harus berhati-hati saat memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan sekali.

  1. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil

Jauhkan laptop anda dari anak kecil untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena anak kecil bisa menganggap laptop anda sebagai mainan.

  1. Jauhkan Makanan dari Laptop

Berhati-hatilah pada saat menaruh makanan di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan di celah-celah keyboard, karena hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

  1. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop dengan paparan sinar matahari. Karena komponen pada laptop sangat rentan mengalami kerusakan apabila terkena sinar matahari secara langsung.

  1. Jangan Sembarangan saat Mengunduh Software dari Internet

Jangan mengunduh software sembarangan, karena hal itu dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop anda. Anda dapat menginstal Antivirus pada laptop untuk mencegah serangan virus serta lebih berhati-hati pada saat mengunduh apapun dari internet.

  1. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam tanpa istirahat. Anda dapat menggunakan laptop seperlunya saja, bila tidak digunakan sebaiknya matikan laptop anda. Memakai laptop terlalu lama merupakan faktor yang dapat membuat laptop mengalami overheat.

  1. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Mungkin sebagian pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka masing-masing. Padahal suhu laptop yang tinggi dapat menyebabkan overheat pada laptop.

BACA JUGA  Cara Meminjam Kuota XL Tanpa Pulsa

Setelah membaca artikel di atas, kami harap untuk lebih memperhatikan lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik serta hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan anda. Sekian artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com