ponsel lemot

Apa yang menyebabkan HP Kamu Lemot? Berikut Penjelasan dan Tips untuk Mengatasinya!

NET-Magazines.net – Terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat ponsel cukup berat digunakan. Penyebab ini terjadi karena faktor internal maupun eksternal ponsel. Apa saja ya faktor utama yang menyebabkan ponsel melambat? Berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab Ponsel Lemot

Memori Internal Penuh

Ponsel yang memiliki memori internal penuh cenderung bekerja lebih lambat. Hal tersebut disebabkan karena terlalu besar beban di dalamnya, sehingga membuat performa ponsel menurun. Salah satu cara dalam mengatasi HP lemot yakni menggunakan memori eksternal di luar ponsel.

Memori eksternal dapat membantu melakukan back up data untuk foto, media, dan lainnya. Memori eksternal dapat menampung beberapa materi, kamu juga dapat memindahkan data foto dari ponsel ke laptop atau media lainnya, sehingga kinerja ponsel menjadi lebih ringan.

Memaksakan Aplikasi yang Terpasang tetapi Tidak Sesuai dengan Kapasitas Penyimpanan

Terlalu banyak aplikasi akan mengurangi kecepatan ponsel. Kamu dapat non-aktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak diperlukan. Semakin sedikit aplikasi yang kamu gunakan, maka akan semakin ringan ponselmu untuk mengakses banyak hal.

Performa Baterai Menurun

Pada umunya, smartphone akan berada pada titik maksimalnya setelah 2-3 tahun pemakaian. Baterai akan lebih cepat panas dan performanya mulai menurun. Hal ini disebabkan karena proses charge yang terlalu lama.

Degradasi RAM & Memori Flash Storage

RAM dan Memori Flash Storage akan mengalami penurunan seiring lama pemakaian ponsel. Adanya degradasi RAM serta Memori Flash Storage sangat berpengaruh pada kecepatan akses ponselmu. Sebaiknya kamu memilih RAM ponsel sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA  Tips Jika Terdapat Format File WhatsApp Yang Tidak Didukung

Sistem Operasi yang Terpasang Tidak Sesuai

Memperhatikan sistem operasi akan menjadi salah satu cara untuk mengatasi HP yang lemot setelah di-upgrade. Tidak perlu mengunduh game yang tidak pernah kamu mainkan. Kamu dapat memaksimalkan performa ponsel sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan saja.

 

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengurangi lemot dan panas pada ponsel adalah sebagai berikut.

Tips Mengurangi Ponsel Lemot dan Panas

  • Perhatikan kapasitas memori, hindari penyimpanan ponsel yang penuh
  • Gunakan satu aplikasi Antivirus
  • Selalu update software untuk mencegah agar HP tidak lemot
  • Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai
  • Lakukan Clear Cache secara berkala
  • Manfaatkan Fitur Auto Kill untuk membantu menghentikan laju laptop di belakang layar ponsel.
  • Kurangi Widget agar HP Tidak Lemot
  • Kurangi atau Matikan Animasi di Android
  • Menghentikan Aplikasi Tidak Terpakai
  • Rutin Membersihkan ‘sampah’ ponsel
  • Mematikan Auto-Sync Jadi Cara Mengatasi HP Lemot
  • Gunakan Aplikasi Launcher Lain
  • Gunakan Custom ROM untuk menghilangkan blowatware bawaan ponsel
  • Jika ponsel sudah terlalu lemot untuk digunakan, lakukan Factory Reset

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi serbaguna untuk membantu mendeteksi penyebab melambatnya ponsel, kamu dapat menggunakan aplikasi App2SD dan Clean Master.

Berikut informasi rinci mengenai aplikasi serbaguna tersebut

Aplikasi Apps2SD

Aplikasi ini dapat kamu jadikan salah satu cara mengatasi hp lemot ketika ponselmu belum di-root. Dari aplikasi tersebut kamu akan mendapatkan beberapa fungsi sekaligus seperti memaksimalkan partisi SD Card, melakukan backup aplikasi, memperoleh link aplikasi ke memory card, serta masih banyak lagi.

Clean Master

Clean master dapat membantu kamu membersihkan ‘sampah’ pada ponsel dengan lebih baik. Kamu dapat mengklik aplikasi ini secara berkala dan teratur., Clean Master juga berguna untuk mendeteksi dan meredakan suhu panas pada ponsel, sehingga sangat cocok kamu gunakan sebagai aplikasi yang multiguna.

BACA JUGA  Inilah Cara Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Cek NISN Tanpa Menggunakan Nama Ibu

 

Kamu harus lebih peka dalam memperhatian ponsel yang sedang kamu digunakan. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada kinerjanya saja, tetapi juga pada tingkat kelegaan ruang yang tersedia. Jika kamu hendak menggunakan banyak aplikasi, maka pilih ponsel yang memiliki RAM. Sebaliknya, jika kamu menggunakan RAM kecil, pastikan isi serta data di dalamnya tidak melebihi kapasitas dalam menerima data.

Tips dan cara mengatasi HP lemot tersebut dapat kamu coba sesuai dengan permasalahan yang ada di dalam ponsel kamu. Semoga dapat membantu!

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com