lupa pola hp

Cara Membuka Pola HP yang Terlupa pada Semua Tipe!

NET-Magazines.net – Ponsel diproduksi setiap tahunnya mengalami peningkatan, baik dalam segi fitur maupun bodi. Fitur yang reedapat di dalam ponsel tentu akan menjadi semakin canggih, termasuk juga fitur keamanan. Fitur keamanan yang ditawarkan dapat berupa pola yang berfungsi untuk menjaga privasi penggunanya dengan mengunci ponsel. Tetapi terkadang kita bisa saja lupa pola untuk membuka ponsel dan menjadi panik sendiri karena tidak tahu cara membuka pola HP yang lupa.

Sebelum kamu panik, kamu dapat mencoba beberapa cara tertentu dapat membuka kunci pola HP yang lupa. Kami akan membahas satu per satu cara yang dapat kalian dicoba untuk membuka pola HP yang lupa tanpa menghapus data sekalipun.

  1. Find My Device

Find My Device merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google agar dapat menemukan ponsel yang hilang atau tak sengaja terselip. Tapi tak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan cara ini untuk membuka kunci HP yang lupa sehingga tidak menyulitkan kamu untuk mengakses ponsel

  1. Smart Lock

Ponsel dengan versi sistem operasi Android yang terbaru memiliki fitur keamanan lebih ketat daripada versi lama. Cara ini dapat membuka HP Android versi 5.0 ke atas yang berada dalam kondisi lupa pola, dengan menggunakan fitur Smart Lock ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, misalnya saja saat sedang terhubung dengan jaringan internet WiFi di rumah.

  1. Android Device Manager

Cara membuka pola HP yang lupa selanjutnya ialah menggunakan layanan Android Device Manager dari Google. Layanan tersebut lebih dikenal dengan nama Find My Device. Oleh sebab itu cara untuk membuka password HP yang lupa menggunakan Android Device Manager hampir sama dengan saat menggunakan Find My Mobile.

  1. Reboot Safe Mode Android
BACA JUGA  Saldo Dana Gratis Dari Pemerintah, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Kamu dapat masuk pada safe mode untuk mengubah pola pada ponselmu. Safe mode merupakan fitur dasar pada sistem Android, yang mana kamu hanya dapat menjalankan fungsi utama serta sistem dasar saja, jadi kamu tidak dapat mengakses aplikasi lainnya yang ada di dalamnya. Cara ini dapat digunakan untuk membuka pola HP yang lupa pada segala jenis ponsel Android, seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, maupun Samsung. Biasanya, cara-cara ini digunakan ketika ponsel terkunci yang disebabkan oleh ulah pihak ketiga seperti aplikasi pengunci layar tambahan.

  1. Hapus Pola di Android Debug Bridge (ADB)

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan Android Debug Bridge (ADB) untuk membuka HP yang lupa pola. Namun untuk dapat melakukan cara ini, kamu memerlukan komputer/laptop yang tersambung dengan koneksi internet. Cara tersebut terbilang cukup ampuh untuk membuka pola pada semua HP Android yang lupa pola dan tentunya tanpa melakukan reset.

Tapi perlu diingat bahwa menggunakan ADB hanya dapat dilakukan jika kamu sudah mengaktifkan menu USB Debugging serta sudah menghubungan ponsel dengan komputer lewat ADB tersebut.

  1. Opsi Keamanan Pihak Ketiga

Beberpapa produsen smartphone sering menggabungkan perangkat lunak keamanan buatan mereka  ke dalam perangkat seperti Find My Mobile . Fitur tersebut sangat berguna ketika kamu lupa pola ataupun kata sandi yang mengunci ponsel kamu.

  1. Gunakan Akun Google atau Google Assistant

Fitur Android yang semakin canggih juga didukung dengan layanan terbaik dari Google. Dari segi keamanan, kamu dapat menggunakan layanan Google Assistant untuk dapat membuka ponselmu yang terkunci karena lupa pola. Google Assistant merupakan asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur ini dengan suara kamu yang sebelumnya sudah diatur untuk dapat dikenali dengan mudah.

  1. Forgot Pattern atau Password
BACA JUGA  Cuci Muka untuk Jerawat: Tips dan Trik untuk Mendapatkan Kulit Bersih dan Sehat

Selanjutnya kamu dapat menggunakan fitur Forgot Pattern atau Password. Fitur ini ialah cara paling mudah untuk dapat membuka pola HP yang lupa pada hampir semua ponsel Android Fitur Forgot Pattern atau Password akan keluar dengan sendirinya ketika kamu terlalu banyak memasukkan pola ataupun kata kunci yang salah serta memungkinkan kamu untuk menggantinya dengan isi yang baru.

  1. Bantuan Smartphone Orang Lain

Cara selanjutnya agar kamu dapat membuka pola HP yang terkunci dan lupa adalah menggunakan bantuan ponsel Android milik orang lain. Cara tersebut tergolong lebih mudah untuk dilakukan dan  tidak perlu khawatir harus menghapus data yang ada di dalam ponsel

  1. Buat Lockscreen Crash

Jika kamu masih menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android 5.0 hingga 5.1.1 terdapat sebuah bug yang dapat kamu manfaatkan untuk membuka pola. Cara membuka pola HP yang kelupaan adalah dengan memanfaatkan fitur Panggilan Darurat atau Emergency Call

  1. Recovery Mode

Selanjutnya kamu dapat menggunakan recovery mode, namun perlu diingat bahwa mode tersebut berisiko kehilangan semua data dalam ponsel secara permanen. Sebaiknya, cara ini kamu lakukan jika semua cara di atas tidak dapat kamu lakukan.

  1. Factory Reset

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara tetapi tidak juga berhasil, maka satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan adalah memilih Factory Reset. Ini berarti seluruh data maupun aplikasi yang terdapat pada ponsel akan terhapus secara permanen dan semua pengaturan akan kembali seperti awal saat kamu membeli ponsel ini

Itulah cara-cara membuka pola HP yang lupa untuk semua tipe ponsel. Agar mencegah risiko tersebut di kemudian hari. Untuk melindungi ponsel dari kerusakan yang tidak diinginkan, kamu dapat memanfaatkan asuransi khusus untuk smartphone.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com