hemat batere iphone

Tips Menghemat Baterai iPhone Agar Lebih Awet

NET-Magazines.net – Cara menghemat baterai iPhone dapat para pengguna pantau melalui menu battery health pada pengaturan. Pengguna dapat mengecek kesehatan baterai secara berkala untuk mengetahui apakah performa dari ponselnya masih tetap terjaga atau sudah mulai menurun.

Penurunan kesehatan pada baterai iPhone akan mempengaruhi ketahanan baterai sehingga dapat membuat ponsel menjadi lebih boros. Selain itu, penurunan kesehatan baterai juga dapat mempengaruhi harga jual iPhone second apabila pengguna berniat menjual ponsel tersebut.

Penyebab penurunan kesehatan pada baterai biasanya diiringi dengan masa pakai ponsel tersebut. Semakin lama ponsel dipakai, maka akan semakin menurun juga kesehatan baterainya. Tetapi, terdapat beberapa hal yang dapat memicu penurunan kesehatan baterai. Misalnya saja pengguna sering memainkan ponsel ketika sedang mengisi daya. Menggunakan ponsel saat sedang diisi daya sangat tidak dianjurkan karena hal tersebut dapat memicu kerusakan baterai. Selain itu, pengisian daya yang berlebihan dapat menjadi penyebab penurunan kesehatan baterai. Jangan pernah meninggalkan ponsel yang sedang dalam pengisian daya dibiarkan semalaman penuh. Hal tersebut dapat memicu kerusakan baterai karena kelebihan muatan. Walaupun ponsel pada zaman sekarang telah memiliki fitur auto cut, tetapi tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut.

Bagi para pengguna iPhone yuk simak artikel berikut agar kesehatan baterai iPhone kamu tetap terjaga!

Lakukan Siklus Isi Daya yang Sehat

Cara agar baterai iPhone awet yang pertama adalah perhatikan siklus pengisian daya. Apabila pengisian daya dilakukan secara sembarang dapat menyebabkan kesehatan baterai lebih cepat menurun. Cara sehat dalam melakukan siklus isi daya adalah mencabut kabel daya saat ponsel sebelum mencapai 100%. Mengisi daya baterai tidak sampai 100% akan memperpanjang umur ponsel karena potensi kelebihan muatan akan berkurang sampai dengan 0%, dan pada saat pengisian daya ponsel berada pada 30%. Dengan kata lain, kamu harus menjaga baterai ponsel antara 30% hingga 90%.

BACA JUGA  Tips dan Trik untuk Memaksimalkan Transaksi Tarik Tunai Dana

Perbarui Perangkat Lunak

Jika kamu memperbarui versi perangkat lunak iPhone, kamu mendapatkan beberapa fitur baru yang dapat mendukung serta menjaga kesehatan baterai ponsel. Misalnya saja, fitur penghentian pengisian daya otomatis yang hadir sejak versi iOS 13, jadi pengisian daya akan otomatis berhenti pada 80%.

Kurangi Kecerahan Ponsel

Kecerahan pada iPhone dapat memakan daya yang sangat tinggi sehingga baterai iphone cepat habis. Oleh sebab itu, gunakan kecerahan seminim mungkin saat berada di dalam ruangan. Hal tersebut akan membantu iPhone agar lebih hemat daya karena suplai aliran daya ke panel layar akan berkurang.

Gunakan Mode Gelap

Pada update iOS 13, kamu dapat memakai mode gelap pada ponsel. Jika kamu menggunakan mode gelap, kamu dapat lebih menghemat penggunaan baterai sampai dengan 10%, terutama untuk perangkat iPhone yang memiliki panel layar Super Retina dan Super Retina XDR yang menggunakan teknologi OLED (organic light-emiting diode). Gunakan juga mode gelap pada aplikasi yang sering kamu pakai.

Gunakan Adapter Daya Orisinal

Saat ini, banyak sekali vendor yang menyediakan kabel USB dan adapter untuk iPhone. Tetapi, jika sembarangan memilih kabel dapat menyebabkan kerusakan baterai. Jadi jangan pernah membeli kabel lightning USB yang berharga murah. Selain kualitas yang apa adanya, teknologi yang ditawarkan berbeda dengan kabel asli milik iPhone. Jika kamu kehilangan kabel USB daya kamu, carilah kabel pengganti yang telah berlisensi MFi.

Kurangi Main Game Berlebihan

Penyebab baterai iPhone cepat habis selanjutnya adalah memainkan permainan online secara berlebihan sehingga dapat mempengaruhi kesehatan baterai iPhone. Apabila kamu memainkan permainan secara berlebihan, maka kinerja chipset ponsel akan lebih berat serta dapat memakan daya cukup besar.

BACA JUGA  Beginilah Cara Cek Saldo ATM BRI

Matikan Fitur Ketika Tidak Diperlukan

Beberapa fitur yang dapat menguras baterai kamu adalah layanan lokasi. Gunakanlah layanan lokasi ketika saat benar-benar. Selain itu, fitur lainnya seperti bluetooth, WiFi, dan NFC juga dapat menambah beban pada baterai. Jadi gunakan fitur-fitur tersebut ketika sedang diperlukan saja.

Hindari Penggunaan Powerbank KW

Keberadaan powerbank dapat membantu ketika sedang bepergian. Namun, banyak sekali vendor powerbank KW yang menawarkan produk dengan mengatasnamakan merek-merek terkenal dengan kapasitas fantastis serta harga yang murah meriah. Tapi, jangan pernah tergiur dengan tawaran-tawaran seperti itu. Powerbank KW dapat merusak baterai ponsel karena aliran daya yang tidak stabil serta power source yang tidak jelas. Tentu saja hal tersebut dapat merusak sel baterai ponsel. Maka dari itu, kamu harus lebih berhati-hati dalam membeli powerbank.

Menjaga Suhu iPhone

Banyak hal yang dapat menyebabkan suhu iPhone menjadi naik diantaranya bermain game, kecerahan layar yang tinggi, banyaknya layanan yang berjalan di latar belakang, serta menggunakan ponsel di bawah paparan sinar matahari. Hindarilah hal-lah tersebut agar iPhone lebih hemat daya dan kesehatan baterai tetap terjaga. Untuk kamu yang suka bermain game di iPhone, disarankan untuk menggunakan fan cooler atau pendingin tambahan agar suhu iPhone tetap terjaga dan bermain kamu menjadi lebih asyik.

Kurangi Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Aplikasi yang membutuhkan internet di latar belakang dapat membuat iPhone menjadi lebih boros. Pastikan kamu mengecek secara berkala aplikasi-aplikasi yang sudah dipasang pada perangkat iPhone kamu. Jika perlu, batasi penggunaan data internet pada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Hindari Penggunaan Casing Tertentu saat Mengisi Daya

Hal terakhir yang perlu perhatikan ialah casing tambahan. Beberapa casing dapat mengumpulkan suhu berlebihan pada iPhone ketika mengisi daya. Oleh sebab itu, pilihlah casing yang tepat untuk iPhone kamu. Jika perlu, lepaskan casing saat mengisi daya iPhone kamu.

BACA JUGA  Berikut ini Cara Cek Status Keaktifan Kartu Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai iPhone sekaligus menjaga kesehatan baterai kamu. Semoga bermanfaat, ya!

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com