sinyalhp

Penyebab Sinyal Jelek Saat Hujan dan Cara Mengatasinya

NET-Magazines.net – Ketika terjadi hujan banyak orang mengeluh koneksi sinyal menjadi lemah atau jelek. Jadi sebenarnya apakah hujan mempengaruhi sinyal WiFi?

Kenapa sinyal jelek saat hujan ?

Menurut para ahli, saat kondisi sedang hujan memang akan mempengaruhi kualitas jaringan di suatu wilayah yang sedang hujan. Ketika saat hujan turun atau hujan turun dengan sangat lebat, maka kualitas jaringan akan menurun. Hal ini dikutip dari situs IEEE ( Institute of Electrical and Electronics Engineers ).

Penyebab sinyal jelek saat hujan ?

Ketika cuaca mengalami perubahan seperti Hujan Lebat, Petir dan Awan tebal, maka secara teknis gelombang radio pada semua layanan operator selular akan terganggu. Ketika terjadi hujan atau mendung yang lembab, maka air hujan yang jatuh akan menghambat hantaran listrik, tentunya hal ini akan menghambat kelancaran pancaran sinyal.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena koneksi seluler jangkauannya menjadi tidak merata, yang mana kecepatan internet berubah menjadi sangat lambat serta kejernihan suara pada saat sedang bertelepon juga terganggu.

Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan

  1. Mode Pesawat

Selain digunakan pada saat kita sedang naik pesawat ternyata fitur Airplane Mode ini dapat digunakan untuk memulihkan kualitas jaringan seluler. Langkah pertama kalian dapat mengaktifkan Mode Pesawat, ketika sudah di aktifkan diamkan sebentar lalu nonaktifkan Mode Pesawat.

Bagaimana Mode Pesawat dapat memulihkan kualitas jaringan seluler? Mode Pesawat tersebut dapat berfungsi untuk mematikan jaringan internet maupun jaringan provider pada smartphone. Ketika mode pesawat kembali di nonaktifkan, maka mode pesawat ini akan merefresh jaringan sehingga akan mendapat kekuatan jaringan yang lebih baik dari kondisi jaringan sebelumnya.

  1. Keluarkan Kartu Sim

Selanjutnya dengan cara mengeluarkan Kartu Sim. Caranya kalian dapat mengeluarkan Kartu Sim dari tray atau tempat kartu sim ponsel. Diamkan selama beberapa menit kemudian kalian masukkan kembali kartu sim. Metode tersebut ternyata mampu merefresh pembacaan kartu sim yang nantinya akan mendapatkan kualitas jaringan internet yang lebih baik dari pada sebelumnya.

  1. Setting Jaringan

Mungkin dilokasi anda berada sekarang sedang mengalami minim sinyal, lalu bagaimana cara mengatur jaringannya? Silahkan pergi ke menu Pengaturan pada ponsel kalian, kemudian pilih Koneksi atau Connection, lalu pilih Jaringan Seluler. Ubah Mode Jaringan kalian, dapat mengubah ke Only 4G LTE, Only 3G ataupun Only 2G.

  1. Ganti Kartu Sim

Terdapat beberapa provider yang menjanjikan kualitas internetnya tetap stabil dan sinyalnya tidak akan terganggu meskipun sedang terjadi hujan. Provider sinyal paling stabil tersebut dapat menyesuaikan dimana lokasi kalian berada sekarang.

BACA JUGA  Wireshark, Aplikasi Terbaik Untuk Analisis Lalu Lintas Jaringan

Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot

Selain Hujan atau Cuaca buruk, terdapat beberapa penyebab lain mengapa Internet lemot walaupun Sinyal Full. Lalu bagaimana Cara untuk mengatasi sinyal full tetapi internet lemot, apa penyebab internet menjadi lemot?

  1. Aplikasi

Apakah ketika kalian membuka banyak aplikasi, kecepatan internet kalian menjadi sangat lambat? Aplikasi yang kalian buka secara bersamaan ternyata penyebab sinyal menjadi lemot. Kenapa bisa menjadi lemot? Karena aplikasi yang kalian buka secara bersamaan membutuhkan jaringan internet, jaringan akan terus menerus dipaksa untuk bekerja, dan hal ini yang membuat jaringan internet menjadi lemot walaupun sinyal kalian Full.

Jadi lebih baik gunakan aplikasi yang sangat dibutuhkan saja saat dibuka secara bersamaan, atau kalian juga dapat menggunakan Aplikasi Lite.

  1. Clear Cache

Cache merupakan salah satu program mekanisme yang ada pada suatu layanan untuk mempercepat layanan. Tetapi jika ponsel kalian terlalu banyak cache yang menumpuk maka akan membuat kualitas internet menjadi melemah.

Oleh karena itu clear cache di ponsel kalian melalui pengelolaan aplikasi.

  1. VPN

Virtual Private Network atau VPN dapat dijadikan solusi guna mengembalikan koneksi jaringan. Lemahnya suatu jaringan internet biasanya terjadi karena terdapat gangguan di suatu wilayah. Kalian dapat mendownload VPN di Google Playstore.

Itulah penyebab sinyal jelek saat terjadi hujan, cara mengatasi sinyal jelek saat hujan serta cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot. Semoga bermanfaat bagi kalian semuanya.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com