Qris

Tips Mengatasi Kode QRIS Tidak Bisa Di-scan

NET-Magazines.net – Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan kode QRIS tidak bisa di-scan atau dipindai dengan kamera. Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi jika Anda mendapatkan masalah tersebut.
Semua metode pembayaran QR di Indonesia harus dilakukan melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS yaitu metode transaksi melalui scan kode QR yang sudah distandarisasi oleh Bank Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 yang bertujuan untuk memudahkan transaksi agar lebih mudah, cepat, dengan keamanan yang amat terjaga. Selain itu, QRIS diluncurkan demi mengakselerasi berbagai program terkait keuangan inklusif dan nontunai serta dapat mendorong kolaborasi di ekosistem pembayaran.

Tak dapat dipungkiri, penggunaan fitur QRIS sangat digandrungi masyarakat khususnya generasi milenial dan Gen-Z. Trennya pun ditaksir akan terus meningkat di tahun 2023 ini. BI telah menetapkan empat nilai yang akan melandasi semangat serta kinerja QRIS: universal, gampang, untung, dan langsung yang disingkat menjadi UNGGUL.

Sebagai sistem pembayaran universal, QRIS mampu menerima jenis pembayaran pada aplikasi apa pun yang menggunakan kode QR sebagai metode pembayaran. Tidak seperti seperti dulu di mana tiap jenis uang elektronik memiliki kode QR sendiri, sekarang semua sudah disatukan melalui QRIS. Lalu bagi Anda yang sudah mendapatkan kode QR lama, apakah tidak segera menggantinya menjadi QRIS?

Jika melalui scan kode QRIS, outlet Anda bisa menerima semua jenis pembayaran uang elektronik. Apakah itu jenis dompet digital Gopay, Ovo, LinkAja, DANA, atau dompet digital lainnya. Jika outlet Anda sudah terdaftar sebagai resto GOFOOD, maka tim dari GOPAY akan memproses kode QRIS untuk outlet Anda. Demikian juga dengan metode pembayaran lainnya yang akan menggunakan kode QRIS untuk bertransaksi.

BACA JUGA  Citayam Fashion Week: Bukan Area ‘Nongkrong’ Biasa

Lalu bagi Anda yang sudah menggunakan kode QRIS atau masih sebagai calon pengguna, jika mengalami masalah tidak bisa scan kode QRIS, terdapat beberapa penyebabnya seperti misalnya koneksi internet. Jika pelanggan anda tidak bisa melakukan pembayaran dikarenakan gagal memindai kode QRIS resto, berikut ini solusi cara mengatasinya.

  • Pastikan pelanggan anda memiliki kuota internet saat yang membeli di resto
  • Jika pelanggan anda memiliki paket data, pastikan jaringan internetnya dalam keadaan yang baik atau stabil.
  • Pastikan pelanggan anda sudah memasukkan PIN akun uang elektroniknya dengan benar.
  • Pastikan saldo GoPay atau dompet digital lainnya dari pelanggan dapat mencukupi untuk melakukan pembayaran.
  • Kode QRIS harus dalam kondisi baik. Jika dalam bentuk cetakan, gambarnya harus terlihat dengan jelas.
  • Pastikan kamera HP pelanggan memiliki resolusi yang cukup untuk memindai kamera guna melakukan scan kode QRIS.
  • Cobalah berganti tempat untuk melakukan scan seperti di ruangan yang cahayanya pas untuk kamera HP melakukan scan.

Jika Anda sudah mencoba beberapa solusi di atas tetapi pembayaran yang telah dilakukan juga tidak berhasil, maka Anda dapat menghubungi pusat bantuan dompet digital yang membuatkan Anda kode QRIS tersebut.
Demikian sejumlah solusi dari kami untuk menangani kode QRIS anda yang tidak bisa di-scan atau dipindai. Semoga bermanfaat

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com