laptop panas

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

NET-Magazines.net – Banyak aktifitas yang sering kita lakukan menggunakan laptop, entah itu menyelesaikan pekerjaan, bermain game ataupun menonton video. Saat sedang menggunakan laptop, terkadang kita merasa perangkat tersebut menjadi cepat panas. Ini tentu menjadi perhatian karena laptop yang cepat panas dapat mempengaruhi performa dan juga umur pakainya.

Penyebab Laptop Menjadi Cepat Panas

Berbagai pekerjaan yang  membutuhkan laptop terkadang dapat diselesaikan dalam waktu beberapa jam. Bermain game ataupun menonton video juga sangat mengasyikkan sehingga membuat waktu berlalu dengan sangat cepat. Padahal, kemampuan normal laptop pada umumnya hanya sekitar 3 jam. Jika kondisi normal laptop berubah menjadi panas, maka terdapat beberapa hal yang membuat laptop menjadi lebih cepat panas dari biasanya. Berikut beberapa penyebab laptop lebih cepat panas yaitu :

Meletakan laptop sembarangan

Ketika menggunakan laptop terkadang kita hanya meletakkannya langsung di atas kasur ataupun bantal. Menggunakan laptop sambil tiduran atau bermalas-malasan memang asik, tetapi akibatnya sirkulasi udara pada perangkat tersebut terhambat oleh kasur ataupun bantal diwabahnya. Komponen-komponen dibagian dalam perangkat juga menjadi lebih cepat panas sehingga kotoran dapat menumpuk diberbagai tempat, seperti heatsink processor.

Kipas tidak bekerja dengan baik

Kipas merupakan bagian yang sangat penting guna mendinginkan komponen-komponen laptop. Cara kerja kipas ini akan membuang hawa panas dan mendatangkan udara baru yang lebih dingin ke laptop. Karena fungsi kipas begitu penting, maka kinerjanya juga harus maksimal. Jika kipas tidak bekerja dengan baik, dapat dipastikan sirkulasi udara tidak akan berjalan lancar dan laptop akan menjadi lebih cepat panas. Terdapat beberapa penyebab yang dapat menghambat kerja kipas, seperti tumpukan kotoran yang membuat putaran kipas menjadi lambat.

BACA JUGA  Download Graphic Design Vector Twibbon HUT RI 2022

Thermal paste yang mengering

Penyebab lainnya dari laptop yang menjadi lebih cepat panas yaitu Therma paste yang mengering. Therma paste ialah gel yang ditempatkan dibagian atas processor. Fungsinya untuk mengurangi suhu panas yang dihasilkan dari komponen tersebut seperti yang kita tahu bahwa prosesor merupakan salah satu komponen laptop yang paling cepat panas. Pada laptop yang sudah lama usianya, dapat mengalami kekeringan pada Therma. Dengan gel yang mengering tersebut, kemampuan untuk meredam panas dari prosesorpun akan semakin berkurang.

Laptop yang mengalami overheat atau panas berlebih sebaiknya kita matikan saja. Jika keadaan laptop sudah mendingin dapat digunakan kembali untuk beraktifitas. Namun jika kebutuhan akan laptop tidak bisa menggunakan cara yang sederhana ini, maka tindakan lebih lanjut harus dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat laptop kembali berfungsi dengan normal.

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Setelah mengetahui penyebab laptop menjadi cepat panas, kita akan membahas solusi yang bisa dilakukan. Jika laptop menjadi cepat panas dikarenakan penumpukan kotoran pada kipas laptop ataupun heatsink, maka tindakan pembersihan adalah solusinya. Membersihkan kipas laptop sebenarnya dapat dilakukan sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab lain laptop yang cepat panas ialah keringnya Thermal paste. Ciri-ciri yang terlihat adalah laptop yang sering mengalami overheat dan tiba-tiba blank. Hal itu menandakan bahwa Thermal paste sudah sangat kering atau dried out. Solusi untuk permasalahan ini adalah mengganti Thermal paste tersebut.

Cara lain yang dapat digunakan dalam mengatasi laptop yang cepat panas adalah melakukan setting ulang. Pengaturan tingkat kecerahan LCD agar pencahayaannya menjadi minim mampu membantu mengurangi overheat. Disamping itu Cooling Pad menjadi alat yang sangat membantu untuk mengurangi suhu panas pada laptop. Dengan bantuan Cooling Pad serta berbagai cara lain untuk mengatasi laptop yang cepat panas, maka kita bisa lebih nyaman saat menggunakanlaptop tersebut.

BACA JUGA  Famous Cara Membuat Aplikasi Android Ideas

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com