laptop no response

Komputer Tidak Merespons? Apa yang Harus Dilakukan jika Laptop Anda Tidak Merespon?

NET-Magazines.net – Jika komputer anda melambat atau menjadi tidak responsif sama sekali, berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk memulihkannya ataupun mencegah hal itu terjadi kembali.

Tunggu: Beri waktu beberapa menit untuk merespon

Jika anda mengerjakan tugas yang sangat intensif pada komputer, terkadang akan terjadi macet sesaat yang membuat anda mengira laptopmu membeku secara permanen meskipun sebenarnya tidak. Jika sepertinya komputer anda benar-benar tidak dapat dijalankan, berikan waktu beberapa menit untuk mengejar dan menyelesaikan pekerjaannya.

Periksa Kondisi Komputer Anda

Apakah Anda yakin komputer mengalami freeze? Pastikan kondisi laptop anda dalam keadaan baik. Komputer dalam mengalami freeze yang disebabkan karena pembatasan daya baterai , hal ini akan memberikan ilusi bahwa komputer Anda membeku. Anda dapat menonaktifkan pengaturan hemat daya dengan cara seperti berikut :

  1. Pertama, klik kanan pada ikon baterai di pojok kanan bawah (Taskbar) lalu pilih Power Options
  2. Pada bagian Balanced, klik Change plan settings di sisinya.
  3. Pada bagian Put the computer to sleep dalam kolom Plugged in, ubah ke posisi Never
  4. Klik link Change advanced power settings
  5. Periksa pada bagian PCI Express
  6. Bukalah Link State Power Management
  7. Pada opsi On battery, ubahlah ke Moderate power savings. Sedangkan opsi Plugged in, ubah menjadi Off
  8. Klik tombol Apply lalu OK
  9. Melakukan restart laptop/komputer jika perlu
  10. Mengecek Memori RAM

Windows dibekali engan program aplikasi khusus bernama Windows Memory Diagnostic yang berfungsi untuk melakukan diagnosa atau pemeriksaan pada modul RAM yang terpasang pada komputer/laptop. Modul RAM yang error dapat mengakibatkan terjadinya komputer yang membeku/freeze, untuk melakukan pengecekan pada modul memori RAM dapat menggunakan cara berikut :

  1. Bukalah menu Start
  2. Scroll ke bawah, pilih menu Windows Administrative Tools
  3. Klik Windows Memory Diagnostic
  4. Terdapat dua pilihan yaitu lakukan pengecekan sekarang atau pengecekan saat restart berikutnya.
  5. Anda dapat memilih salah satu dari kedua opsi tersebut.
  6. Hasil pengecekan RAM akan muncul setelah prosesnya selesai.
BACA JUGA  7 Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi

Tekan Ctrl+Alt+Del

Jika Anda tidak dapat membuka Task Manager gunakan pintasan keyboard dengan menekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Hal ini akan menampilkan layar CAD yang memungkinkan pengguna bisa logout (keluar) maupun mengakses Task Manager selain itu anda juga dapat menggunakan opsi daya seperti restart, shut down, hibernate, sleep dari layar CAD.

Tekan Logo Windows+Ctrl+Shift+B

jika cara Ctrl+Alt+Del sebelumnya tidak berhasil anda dapat melakukan cara selanjutnya yaitu tekan tombol Logo Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan. Fungsi dari perintah ini adalah untuk memaksa Windows menyegarkan layar dengan me-restart kartu grafis. Ketika anda akan mendengar bunyi bip pendek dan layar komputer akan berkedip atau redup sesaat.

Khusus Laptop: Coba Tutup dan Buka

Anda dapat mencoba menutup laptop kemudian membukanya kembali ketika mengalami freeze, hal ini terkadang dapat membantu memperbaiki masalah freeze di hampir semua versi Windows.

Paksa

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, anda dapat melakukan cara yang terakhir yaitu mematikan komputer/laptop secara paksa sebagai berikut :

  1. Tekan tombol power selama beberapa detik sampai layar mati sepenuhnya.
  2. Tunggu beberapa detik kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol power.

Itulah beberapa cara untuk menghadapi komputer/laptop yang mengalami freeze/membeku. Jika cara diatas tidak berhasil, silahkan bawa komputer/laptop ke tempat servise.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com