HP kemasukan air

HP Kamu Kemasukan Air? Tak Perlu Panik, Terdapat 6 Cara Untuk Mengatasinya

NET-Magazines.net – Air menjadi musuh bagi beberapa jenis barang elektronik, salah satunya yaitu HP. Jika air masuk ke dalam HP, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya. Akibatnya, HP tidak dapat berfungsi dengan baik, atau bahkan mati total.

Namun, jika HP kamu kemasukan air yang disebabkan karena kehujanan, terjatuh ke dalam genangan air, atau terkena tumpahan sesuatu, kamu tidak perlu panik. Dengan penanganan yang tepat, HP kamu masihdapat terselamatkan.

Berikut ini adalah kumpulan tips yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan HP yang kemasukan air!

Segera angkat HP dari air

Jika HP masuk ke dalam genangan air, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera mengangkat HP dari dalam air. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang masuk ke dalam komponen HP lewat celah-celah, seperti lubang charger, earphone, atau speaker.

Jika HP hanya terkena tumpahan air, segera jauhkan dari air tersebut. Jika pada saat terkena air HP sedang dalam keadaan di-charge, segera lepaskan HP dari charger untuk menghindari risiko terkena setrum.

Jangan langsung menyalakan HP

Saat HP kamu tanpa sengaja kemasukan air, kamu mungkin akan buru-buru menyalakannya untuk mengetahui apakah HP masih berfungsi dengan normal? Padahal, saat air masuk ke dalam HP lalu kamu menyalakannya, ini berisiko menyebabkan korsleting yang dapat merusak HP lebih parah.

BACA JUGA  Download Aplikasi Step Go : Hitung Langkah Tukar Hadiah

Jika saat terkena air HP dalam keadaan hidup, kamu dapat segera matikan HP langsung untuk menghindari risiko kerusakan yang semakin parah.

Lepaskan baterai, kartu sim, dan memori

Begitu HP terkena air, segera lepaskan komponen yangyang melekat pada HP, seperti kartu SIM, memori, dan baterai. Hal tersebut untuk mencegah komponen-komponen lain mengalami kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, hindari menggoyang-goyangkan HP karena ini akan membuat air semakin masuk ke komponen HP. Cukup lepaskan saja casing HP dan bagian lainnya yang dapat membantu air mengalir keluar dengan lancar.

Keringkan dengan lap kering

Segera keringkan semua bagian pada HP. Tetapi , bagian pertama yang perlu segera kamu dikeringkan adalah bagian layar atau LCD. Karena , LCD merupakan bagian yang paling mudah rusak apabila terkena air. Jika LCD dibiarkan dalam keadaaan lembap terlalu lama, akan menyebabkan munculnya flek hitam pada LCD.

Cara terbaik dan termudah untuk mengeringkan komponen HP yaitu dengan menggunakan lap kering. Lalu, hindari menjemur HP di bawah sinar matahari langsung karena akan berpotensi merusak komponen-komponen di dalam HP, khususnya LCD jika dijemur menghadap ke atas.

Jangan mengeringkan HP dengan hair dryer

kamu dilarang keras mengeringkan HP menggunakan hair dryer karena suhu hair dryer terlalu panas yang dikhawatirkan dapat menyebabkan suhu dalam komponen listrik pada HP cepat naik sehingga meningkatkan risiko kerusakan.

Keringkan dengan silica gel

Silica gel dapat kamu gunakan untuk mengeringkan HP yang basah dengan menyerap kelembapan. Silica gel juga baik untuk perangkat elektronik karena mampu mencegah terjadinya pengembunan.

Untuk mengeringkan HP kamu yang basah, cukup masukkan HP ke dalam tumpukan silica gel. Biarkan selama dua sampai tiga hari hingga komponen pada HP benar-benar kering sebelum dinyalakan.

BACA JUGA  Mengabadikan Kecantikan Dunia: Download Aplikasi Camera 360 untuk Android

 

Jadi, jika HP kamu basah terkena air, tidak perlu panik. Cukup praktikkan tips diatas dan semoga HP kamu bisa kembali berfungsi dengan normal.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com