membersihkan sampah android

Buat Aplikasi Android-mu Tanpa Coding

NET-Magazines.net – Taukah kamu bahwa Android kini merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia? Pengguna Android tidak hanya datang dari kalangan anak-anak hingga remaja saja, namun juga orang tua. Apalagi saat ini harga ponsel pintar Android terbilang cukup terjangkau bahkan bagi kalangan menengah ke bawah.

Berdasarkan data dari IDC.com, saat ini, pengguna Android di dunia memiliki presentase sebesar 85,4% di tahun 2020, disusul oleh iOS sebesar 14,6% pada peringkat ke dua.

Dari data di atas, bisa kita simpulkan bahwa pengguna Android kini menguasai smartphone dunia lho. Sangat disayangkan jika kamu hanya bertindak sebagai penonton saja, karena kini, banyak orang berupaya untuk mengembangkan aplikasi pada Android dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang lebih besar.

Hanya saja, untuk belajar mengenai pemrograman pada Android tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika kamu tidak memiliki basic di bidang komputer. Nah dari keterangan di atas, lalu bermunculan banyak aplikasi serta website yang menawarkan untuk pembuatan aplikasi Android, namun tanpa Android.

Benarkah bisa membuat aplikasi tanpa coding? Tugasmu hanya bermain dengan logika kok, sesimpel melakukan drag and drop hingga aplikasi jadi sesuai yang kamu inginkan. Simak ulasan di bawah ini ya!

Membuat Aplikasi Tanpa Coding

AppMakr

Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu merilis aplikasi sesuai dengan namamu. Mendukung kurang lebih 14 bahasa internasional, termasuk Bahasa Indonesia, sehingga kamu tidak perlu khawatir terkendala Bahasa. Desain antarmuka pada aplikasi ini pun simple dan pastinya memudahkan penggunanya membuat aplikasi Android. Yang perlu kamu lakukan cukup drag and drop komponen yang tersedia, kemudian lanjut dengan menyimpan project pembuatan aplikasi Android-mu.

BACA JUGA  Solusi Untuk Buka Paypal dan Platform Gaming Yang diblokir Oleh Kominfo

Appery.io

Website ini termasuk platform pertama yang menawarkan pengembangan aplikasi pada Android tanpa coding. Fitur ditawarkan diantaranya, backend service yang terintegrasi dengan berbagai pilihan API plugin. Platform ini menawarkan penggabungan kemudahan dalam membuat aplikasi dengan tampilan visual dari JavaScript yang membuat proses pembuatan menjadi lebih cepat.

Fitur yang dimilikinya seperti backend service terintegrasi dengan banyak pilihan API plugin. Appery menggabungkan kemudahan dalam membuat aplikasi dengan tampilan visual dari JavaScript sehingga proses pembuatannya menjadi lebih cepat.

Tidak hanya aplikasi Android, platform ini juga bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi hybrid, Progressive Web Apps (PWA), dan web apps. Kamu hanya perlu mengikuti 5 step yang ada, diantaranya:

  • Drag and drop untuk mendesain tampilan pada aplikasi Android-mu.
  • Connect database serta service aplikasi
  • Preview aplikasi Android-mu
  • Build mobile app
  • Terakhir, deploy web app

MIT App Inventor

Platform yang satu ini merupakan pengembangan proyek dari Universitas Massachuset Institute of Technology (MIT) yang sangat cocok bagi pemula. Block based programming tools digunakan oleh MIT App Inventor untuk mempermudah pembuatan aplikasi Android, dimana komponen-komponen sudah didesain dalam bentuk blok, sehingga penggunanya hanya perlu menyusunnya sesuai kebutuhan. Dan lagi, masing-masing komponen dapat diatur nilai disesuaikan dengan keperluan melalui menu properties. Dengan tampilan user interface yang sederhana, tentu platform ini membantu pemula belajar membuat aplikasi pertamanya.

Appy Pie

Rekomendasi berikutnya adalah Appy Pie, yang perlu kamu lakukan dalam menggunakan platform ini adalah cukup drag and drop pada website secara langsung, kemudian akan ada pilihan untuk upload pada Play Store atau App Store. Appy Pie juga menawarkan pembuatan website, task automation, graphics design, serta chatbot. Menariknya, kamu bisa lho mencoba untuk daftar trial agar kamu tahu fitur-fitur apa saja yang ditawarkan.

BACA JUGA  Pilih Ringtone-mu Sendiri pada Aplikasi Nada Dering Ini!

Jagel.id

Platform ini berasal dari Indonesia lho, sehingga tentunya akan lebih mudah digunakan karena tidak terkendala Bahasa asing. Aplikasi Android buatan Jagel.id ini akan lebih ramah pengguna. Beberapa aplikasi yang sudah dibuat diantaranya; Aplikasi Ojek Online, Usaha jasa, hingga online shop. Aplikasi yang dibuat dengan platform ini pun sudah support untuk di upload dan di download pada Play Store.

 

About Zefanya Arundyna