membersihkan sampah android

Membersihkan Sampah Pada Android-mu Tanpa Aplikasi

NET-Magazines.net – Para pengguna ponsel pintar kerap kali mengeluhkan memori internal yang terlalu cepat penuh karena adanya tumpukan file sampah yang tersimpan pada ponsel. Diperlukan memori internal yang cukup tanpa adanya sampah pada memori tersebut. Salah satu cara membersihkan memori internal dari sampah, tentu dengan membersihkannya dengan atau tanpa aplikasi tambahan.

Cara pengguna membersihkan sampah-sampah ini, sebetulnya terbilang mudah lho. Apalagi, tanpa aplikasi pun, kamu bisa membersihkan file sampahmu, berikut aplikasi tersembunyi pun juga bisa terdeteksi dengan mudah.

Di bawah ini, merupakan ulasan lengkap mengenai bagaimana cara membersihkan sampah pada ponsel pintarmu. Dengan langkah yang tepat, kamu bisa mengosongkan memori internalmu untuk meningkatkan performa ponsel pintarmu.

Untuk setiap gawai, dibekali dengan memori internal yang membantu penggunanya menyimpan data, file serta dokumen. Hanya saja, besarnya memori internal bergantung pada tipe dan seri masing-masing ponsel. Ada ponsel dengan memori internal yang kecil atau juga besar. Nah, bagi kamu yang menggunakan ponsel pintar dengan kapasitas memori yang kecil, kamu harus pandai-pandai mengatur ruang penyimpanan pada ponselmu, sebab seringkali beberapa aplikasi tidak bisa dijalankan jika ruang memorimu terlalu penuh. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur memori internalmu;

Tips Mengatur Memori Internal

  1. Memasang memori eksternal tambahan pada ponsel pintarmu.
  2. Pindahkan file foto, video, musik, dokumen, serta file lainnya ke memori eksternal ponselmu.
  3. Hapus file cache pada ponsel pintarmu secara berkala.
  4. Hapus file yang tidak kamu butuhkan lagi di ponsel pintarmu.
  5. Hapus data aplikasi offline, seperti YouTube.
  6. Menyimpan file pada Google Drive untuk membantumu melonggarkan memori internal ponsel pintarmu.
  7. Mengakses file dengan online, seperti mengakses musik, agar memorimu tidak mudah penuh.
  8. Cara Membersihkan Sampah di HP Tanpa Aplikasi
BACA JUGA  5 Aplikasi Kamera IPhone untuk Android Terpopuler

Bagi kamu pengguna ponsel pintar, tentu sangat mengganggu jika ponsel pintarmu jadi lemot atau aplikasi terhenti. Nah, cara berikut ini bisa kamu coba lho untuk membersihkan ponsel pintarmu.

Membersihkan Sampah di HP Pada Galeri Foto

Tidak dipungkiri, file foto dan video tentu memiliki ukuran yang cukup besar, yang kadang menjadi penyebab memori internal ponsel pintarmu menjadi penuh. Namun, tahu tidak, kamu bisa lho membersihkan sampah pada galeri fotomu, bahkan tanpa menghapusnya, yuk simak tips berikut ini;

  1. Cek file Manager pada ponsel pintarmu
  2. Cari folder DCIM yang biasa digunakan untuk menyimpan file foto dan juga video.
  3. Berikutnya, kamu akan melihat file foto, video serta beberapa folder baru, yang disebut sebagai Thumbnail.
  4. Kamu bisa menghapus Thumbnail ini, karena file tersebut tergolong file sampah. Lebih dari itu, kamu pun bisa menghapus file foto atau video yang sekiranya tidak kamu perlukan lagi, atau mungkin bisa juga kamu pindahkan ke memori eksternalmu.

Membersihkan Sampah Pada Ponsel Pintar-mu Via File Manager

Pada File Manager juga pasti terdapat sampah yang menyebabkan memori internalmu menjadi penuh. Kamu bisa lho mengontrol, membersihkan sampah pada ponsel pintarmu, melalui File Manager. Hanya saja, kamu perlu benar-benar cek serta memilih folder dan file yang mungkin sudah tidak kamu butuhkan lagi. Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus sampah pada File Manager di ponsel pintarmu.

  1. Cek File Manager di ponsel pintarmu
  2. Akan nampak beberapa folder, termasuk Thumbnail, cek folder-folder ini terlebih dahulu.
  3. Hapus file, jika dirasa tidak diperlukan lagi.
  4. Cek setiap folder untuk memilah file sampah yang perlu dihapus

Itulah beberapa langkah yang bisa diaplikasikan agar memori internalmu tidak terlalu penuh. Semoga membantu.

BACA JUGA  Famous Konfigurasi Control Panel Hosting Ideas

 

 

About Zefanya Arundyna