hapus android
(img:canva)

Hapus Aplikasi Bawaan dari Android-mu dengan Cepat

NET-Magazines.net – Pengguna smartphone pasti memahami bahwa besarnya kapasitas penyimpanan pada smartphone akan sangat besar pengaruhnya bagi performa perangkat itu sendiri. Serta ruang penyimpanan yang lega pun juga akan menjadi tolak ukur, aplikasi apa saja yang bisa diinstal pada sebuah perangkat. Tentu semakin besar memorinya, semakin banyak aplikasi yang bisa diaplikasikan.

Vendor smartphone akan memberikan aplikasi bawaan pada produk-produknya, seperti, Google Chrome, YouTube, serta beberapa aplikasi lainnya. Hal tersebut, mengakibatkan berkurangnya kapasitas penyimpanan karena platfrom-platfrom bawaan tersebut. Kapasitas penyimpanan yang kecil, tentu membuat penggunanya tidak merasa leluasa untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang diinginkan.

Meskipun demikian, ada lho cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekuranganan kapasitas perangkat tersebut, salah satunya adalah dengan menghapus aplikasi bawaan dari perangkat smartphone-mu. Berikut ini serangkaian cara yang bisa kamu aplikasikan untuk menghapus aplikasi bawaan.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android

  1. Menggunakan platform CCleaner.

CCleaner merupkan aplikasi yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store untuk membantumu menghapus aplikasi bawaan pada Android-mu. Setelah aplikasi CCleaner tersebut berhasil kamu instal, berikutnya klik ikon tiga garis pada bagian pojok kiri atas aplikasi, selanjutnya pilih opsi App Manager, lalu pilih opsi ‘System’, berikutnya kamu bisa mulai mencari aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus. Selanjutnya, klik tombol ‘uninstal’ agar aplikasi yang kamu pilih dapat terhapus oleh CCleaner. Yang perlu kamu perhatikan adalah menghapus aplikasi bawaan bisa menyebabkan masalah pada sistem Android-mu.

  1. Hapus aplikasimu dengan Root.

Rooting adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengakses smartphone penuh tanpa Batasan oleh ketentuan sistem Android. Hal tersebut, tentunya mampu membuat penggunanya menghapus aplikasi bawaan berikut Root-nya. Adapun cara yang perlu dilakukan adalah; download terlebih dahulu aplikasi ‘System App Remover’ pada Google Play Store, aplikasi ini akan maksimal penggunaanya bila perangkatmu sudah mengalami rooting. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut, setelah itu kamu klik ikon ‘Grant’ atau ‘Izinkan’ agar aplikasi tersebut bisa mengakses penuh perangkatmu. Berikutnya, pilih aplikasi-aplikasi bawaan yang sekiranya tidak kamu perlukan dan ingin kamu hapus, lalu klik ‘uninstal’, kemudian saat muncul pop-up untuk persetujuan, klik ‘yes’ dan tinggal kamu tunggu proses pencopotan aplikasinya hingga selesai.

  1. Hapus aplikasi tanpa Root.

Tenang, bagi kamu pengguna yang ogah repot menggunakan CCleaner atau rooting, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini: pertama, klik menu pengaturan pada Android-mu, lalu pilih opsi ‘aplikasi’ pada menu pengaturan Android-mu, selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang terpasang, kamu bisa mulai untuk memilih aplikasi mana saja yang tidak kamu butuhkan. Pada aplikasi bawaan, ciri-cirinya hanya ada dua metode pencopotan, ‘Disable’ dan ‘Force Stop’ atau ‘Paksa Berhenti’. Tombol disable diperuntukan bagi kamu yang ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut, sedangkan jika masih belum terhapus kamu bisa mencoba opsi ‘Force Stop’, selanjutnya kamu bisa klik ‘Oke’ saat pop-up muncul, lalu tunggu hingga selesai proses pencopotan aplikasi tersebut.

  1. Menggunakan Google Play Store.

Kamu pun juga bisa menghapus aplikasi bawaan dari Google Play Store. Caranya sederhana, buka opsi ‘Menu’ lalu klik ‘Aplikasi & Game saya’ berikutnya pilih aplikasi apa saja yang akan kamu uninstall, klik ‘uninstal’, lalu tunggu hingga pencopotan aplikasi selesai.

BACA JUGA  Booming, Aplikasi Foto Bernyanyi

 

 

About Zefanya Arundyna