Aplikasi PINTAR BI, Aplikasi Untuk Tukar Uang Rupiah Baru 2022

NET-Magazines.net – Bank Indonesia (BI) baru saja merilis sebuah aplikasi sekaligus situs yang berjudul PINTAR. Apa sih aplikasi PINTAR BI itu?

Aplikasi digital buatan Bank Indonesia tersebut ditujukan untuk mendukung penukaran uang baru 2022 bagi masyarakat yang baru saja dirilis pada Kamis (18/8/2022).

Dengan menggunakan aplikasi PINTAR tersebut, masyarakat bisa memesan uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) yang memiliki 7 desain uang terbaru yang viral ini.

aplikasi pintar BI

Lalu, seperti apa aplikasi PINTAR BI dan bagaimana fitur aplikasi PINTAR yang disediakan tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Penukaran uang melalui aplikasi PINTAR BI

Baik aplikasi PINTAR maupun situs PINTAR BI keduanya melayani segala aksesibilitas terhadap Uang TE 2022. Masyarakat dapat memperoleh informasi terkait lokasi Kas Keliling BI yang tersebar di berbagai provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun Kas Keliling BI tersebut adalah merupakan lokasi dimana masyarakat bisa memperoleh lembaran Uang TE 2022.

Melalui aplikasi PINTAR BI, masyarakat Indonesia dapat menggunakan fitur pencarian Kas Keliling BI di provinsinya masing-masing. Selain itu, terdapat juga informasi tentang kapan Kas Keliling mulai dibuka untuk pelayanan.

Hebatnya lagi, masyarakat juga dapat memesan Uang E 2022 melalui aplikasi PINTAR BI. Berikut ini tata caranya:

  1. Siapkan KTP asli yang akan digunakan untuk identitas pemesan
  2. Lalu buka situs atau aplikasi PINTAR BI https://pintar.bi.go.id/
  3. Kemudian pilih menu Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling.
  4. Setelah itu klik lokasi provinsi tempat penukaran uang sesuai domisili pengguna.
  5. Lalu cari kota atau kabupaten tempat penukaran uang.
  6. Lanjut untuk pilih lokasi dan jadwal yang diinginkan.
  7. Kemudian masukkan data diri asli berupa NIK, nama, nomor HP, dan e-mail aktif.
  8. Lalu masukkan nominal uang baru yang akan ditukarkan.
  9. Kemudian ikuti petunjuk pemesanan jadwal selanjutnya.
  10. Setelah itu simpan bukti pemesanan jadwal tukar uang baru dengan baik jangan sampai hilang.
  11. Terakhir kunjungi kas keliling yang sudah dipilih sesuai jadwal.
BACA JUGA  Enjoy a Beautiful Vacation to Ayer Island, Nature Tourism in the Thousand Islands

BI merilis uang baru

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, aplikasi PINTAR BI dan situs PINTAR BI dirilis bersamaan dengan diresmikannya uang Rupiah baru pada Kamis (18/8/2022).

Meskipun mengusung tema desain yang baru, uang Rupiah 2022 tetap setia dengan konsep ciri khas mata uang Indonesia Rupiah.

Lembaran Uang Rupiah baru tetap mencantumkan foto-foto para pahlawan sangat berjasa terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga terdapat unsur-unsur identitas Nusantara mulai dari tarian hingga flora dan fauna.

Adapun perbedaan yang paling mendasar antara Rupiah lama dengan Rupiah yang baru adalah pemilihan warna yang menjadi lebih tajam dan kualitas kertas lebih kuat dari sebelumnya.

Nasib Rupiah lama

Meskipun sudah dikeluarkan Uang Rupiah baru, lembaran uang Rupiah dengan desain yang lama masih tetap sah digunakan sebagai alat tukar. Sebab, BI masih belum mencabut status keresmian lembaran Uang Rupiah lama.

Demikian adalah penjelasan terhadap aplikasi PINTAR BI. Buat kamu yang ingin mendapatkan lembaran uang Rupiah baru dapat mengakses aplikasi tersebut dengan klik link dibawah atau klik disini.

coba download

About administrator